SISTEM KENDALI GERAKAN BADAN MENGGUNAKAN MOTION TRACKING UNTUK GAME DRAGON BALL FIGHTER


Diterbitkan 48 tahun 11 bulan yang lalu


ABSTRAK Sebuah permainan real-time yang melibatkan pengguna untuk turut merasakan suasana di dalam konsol game, merupakan salah satu contoh aplikasi bidang seni dan teknologi. Namun, meski sudah banyak permainan yang dapat berjalan secara real-time, hanya sedikit diantara mereka yang menggunakan media perantara pengganti input device atau lebih dikenal dengan joystick. Sesuai dengan perkembangan dunia teknologi yang ada saat ini, maka mulai dikembangkan metode baru, yakni mengganti piranti input dari sebuah game dengan menggunakan media yang bisa melibatkan gerakan pengguna sebagai input karakter. Metode tersebut dirasakan lebih baik, karena akan membawa pengguna atau para penggemar game seolah-olah berada dalam lingkungan permainan itu sendiri, karena gerakan yang ada di dalam console cenderung mengikuti gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pemainnya Untuk mencapai hal tersebut maka digunakan metode Motion Tracking dimana gerakan dari player yang ditangkap oleh kamera akan diolah tiap frame kemudian dicari fitur-fiturnya ,dilakukan tracking dan pencarian vektor fitur sebagai pola dari suatu gerakan.Jika suatu gerakan telah dikenali maka parameter tersebut disimpan kemudian akan dikirim ke dalam program game agar kerakter game bertindak sesuai dengan gerakan yang kita lakukan Dalam proyek akhir ini akan dibuat suatu aplikasi untuk mendeteksi gerakan yang tertangkap oleh web kamera kemudian melakukan analisa terhadap gerakan tersebut, mencari nilai puncak setiap frame yang dicapture,integral proyeksi dan Nilai vektor fitur yang nantinya akan digunakan sebagai masukan atau pengganti kontrol dari joystick terhadap aplikasi game , sehingga karakter game akan melakukan gerakan seperti apa yang kita lakukan. Kata kunci : Real-Time, Input Device.



Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    8 + 5 =