Tim MEPHYRO Berhasil Raih Juara 4 Dalam LOPI 2018


Diterbitkan 6 bulan 3 minggu yang lalu


Tim MEPHYRO Berhasil Raih Juara 4 Dalam LOPI 2018
Photo By : Dokumentasi Peserta

EEPIS OnlinePrestasi gemilang kembali ditorehkan oleh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) di kancah nasional. Kali ini, Kamis, (22/3) tim Mechatronics Prototype Hydromodelling Robot (MEPHYRO) yang beranggotakan Hardefa Rizky Putu Rogonondo, Ahmad Ibnu Setiadi, dan Rizqi Amaliatus Sholihati berhasil meraih juara 4 dalam Lomba Prototype dan Inovasi Kapal Cepat (LOPI) 2018. LOPI ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Pekan Nasional Kemaritiman (PESIAR 2018 ) yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin (UNHAS).

LOPI 2018 yang mengusung tema Rescue ini, terbagi dengan dua kategori yakni kategori Electric dan Fuel Engine. Tim MEPHYRO tergolong dalam kategori electric. Dimana tim ini membuat prototype kapal dengan kecepatan tinggi sebagai pengembangan teknologi kemaritiman di Indonesia. Selama satu minggu terhitung sejak Minggu, (18-25/3), tim ini mengikuti serangkaian acara. Diantaranya seminar nasional, presentasi inovasi, dan race untuk kapal yang telah dibuat. Yang mana para peserta menguji prototype kapal yang dibuat di lintasan yang telah disediakan panitia.

Keberlangsungan tim ini, tidak lepas dari bimbingan oleh salah satu dosen Program Studi (Prodi) Mekatronika yakni Mohammad Nasyir Tamara, S.ST., MT. Persiapan yang telah dilakukan yakni menyiapkan desain mekanik kapal serta hardware sebagai sistem control dari kapal tersebut. Persiapan ini menjadi kunci tim MEPHYRO sehingga dapat memetik hasil yang maksimal saat berkompetisi.

Dengan mendapat juara 4 ini, tim MEPHYRO bersyukur karena bisa berkontribusi, serta mengharumkan nama almamater PENS. Tidak hanya itu kegiatan juga ini memberikan pengalaman untuk komunitas MEPHYRO yang merupakan salah satu komunitas di Program Studi D4 Teknik Mekatronika untuk menaungi riset mengenai hydromodelling. “Saya berharap semoga bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk mengembangkan komunitas keilmuan di PENS, dan komunitas MEPHYRO bisa berkembang menjadi lebih baik,” ungkap Hardefa selaku ketua tim MEPHYRO. (umi/ani)





Komentar

    Nama
    Email
    Komentar

    7 + 8 =